Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Organ Penyusunnya

Halo semuanya, kita bertemu lagi nih di blog sederhana miliki saya ini, kali ini kita akan belajar materi Biologi yang judulnya Organ Penyusun Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Salah satu ciri dari Makhluk hidup adalah membutuhkan atau memerlukan makanan. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari. Tanpa energi kita tidak akan bisa melakukan semua aktivitas, untuk itu menjaga pola makan sangat diperlukan supaya energi yang kita dapatkan bisa lebih optimal sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan atau kekurangan.

Nah untuk mengubah makanan menjadi energi, diperlukan sebuah proses yang terjadi didalam tubuh kita, tepatnya di sistem pencernaan kita. Nah untuk lebih jelas mengenai pengertian dari sistem pencernaan pada manusia silahkan kalian baca berikut ini:

Sistem Pencernaan Pada Manusia adalah sistem yang mengubah makanan menjadi energi dengan cara menyerap sari-sari berupa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah dalam melakukan pengubahan tersebut melibatkan berbagai organ-organ penyusun sistem pencernaan, antara lain mulut, kerongkongan, lambung, pankreas, usus, dan anus. Nah untuk lebih jelas mengenai fungsi-fungsi dari dari organ-organ tersebut, saya akan memaparkannya satu persatu, silahkan disimak.

Organ Penyusun Sistem Pencernaan Pada Manusia

Organ Penyusun Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sumber Gambar : informasi-pendidikan.com

  • Rongga Mulut
Rongga Mulut adalah tempat pertama kali makanan dicerna sebelum masuk kedalam tubuh. Nah didalam rongga mulut ini terjadi beberapa proses seperti untuk melumatkan makanan, manambahkan enzim dan sebagainya. Didalam Rongga Mulut terdapat beberapa alat pencernaan yaitu :
  1. Gigi
    Gigi mempunyai peran untuk melumatkan atau menghancurkan makanan menjadi ukuran lebih kecil. Ada beberapa tipe gigi yang fungsinya berbeda-beda, antara lain:
    ⇒ Gigi seri, fungsinya untuk memotong makanan, jumlahnya ada 8.
    ⇒ Gigi taring, fungsinya untuk merobek makanan, jumlahnya ada 4
    ⇒ Gigi geraham, fungsinya untuk mengunyah makanan, jumlahnya ada 8 buah
  2. Lidah
    Lidah fungsinya untuk merasakan makanan yang kita makan, apakah itu pedas, manis , pahit, asin, asam.
  3. Kelenjar Ludah
    Nah jika kalian makan nasi dan mengunyahnya agak lama, maka anda akan merasakan makanan anda menjadi manis, hal tersebut karena adanya enzim ptialin yang dihasilkan oleh kelenjar ludah, fungsinya untuk membantu pencernaan secara kimiawi.
  • Kerongkongan
Setelah makanan yang sebelumnya ada di mulut kita telan, maka selanjutnya makanan tersebut akan masuk kedalam kerongkongan. Nah setelah itu, kerongkongan akan meremas mendorong makanan menuju ke lambung dengan gerakan yang disebut gerak peristaltik.
  • Lambung
Nah setelah melalui kerongkongan, makanan yang didorong tadi akan masuk ke lambung. Di dalam lambung terdapat 2 jenis pencernaan yaitu mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik yaitu dengan meremas makanan dengan otot-otot dinding lambung, sedangkan secara kimiawi yaitu dengan dibantu oleh beberapa enzim yaitu:
  1. Enzim Pepsin, fungsinya mengubah protein menjadi peptida.
  2. Enzim Renin, fungsinya mengendapkan protein susu yang terdapat pada air susu.
  3. HCl, fungsinya untuk membunuh kuman-kuman yang mungkin masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan.
  • Pankreas
Didalam pankreas tidak terjadi proses pencernaan. Pankreas hanya menghasilkan enzim-enzim saja untuk membantu proses pencernaan. Apa saja enzim-yang dihasilkan oleh pankreas? silahkan simak dibawah ini:
  1. Enzim Lipase, fungsinya untuk mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  2. Enzim Amilase, fungsinya untuk menguraikan amilum.
  3. Enzim Tripsin, fungsinya untuk membantu penguraian protein.
  • Hati
Hati berperan dalam menghasilkan empedu. Selain itu, hati juga berfungsi untuk menimbun sari-sari makanan dan memiliki berat kurang lebih 2 kg.
  • Usus
Organ pencernaan selanjutnya adalah Usus. Usus masih dibagi lagi menjadi 3 yaitu Usus dua belas jari, usus halus, dan usus besar. Berikut penjelasan lengkapnya:
  1. Usus Dua belas jari, fungsinya yaitu untuk menghubungkan lambung dengan usus halus, selain itu usus dua belas jari juga berfungsi untuk menyalurkan enzim pencernaan dari pankreas.
  2. Usus Halus, merupakan usus terpanjang pada tubuh manusia yaitu mencapai 6-8 meter untuk orang dewasa. Didalam usus halus terjadi proses penyerapan sari-sari makanan oleh jonjot-jonjot usus yang disebut dengan vili.
  3. Usus Besar, didalamnya terdapat proses penyerapan air dan pembusukan sisa sari-sari makanan dengan dibantu oleh bakteri Escherichia coli atau E.coli.
  • Anus
Anus atau dubur merupakan organ yang fungsinya untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang sudah melalui tahap pembusukan sebelumnya.

Nah itu dia materi kita kali ini tentang Organ-Organ Penyusun Sistem Pencernaan Manusia, semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih sudah berkunjung.
Tag : biologi
1 Komentar untuk "Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Organ Penyusunnya"

terima kasih artikelnya
sangat membantu

Back To Top